Tanggapan Pelatih Persebaya Surabaya Usai Striker Asingnya Melakoni Debut Bareng Timnya

Aimswarangal.org – Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan dalam sambungan kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Teranyar, klub asal Kota Pahlawan ini menang dengan skor tipis 3-2 atas Persikabo 1973 pada duel jornada ke-18 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (10/01/2022).

Tiga brace Bajol Ijo disumbang penyerang gaek, Samsul Arif Munip, masing-masing pada menit ke-19, 37′, dan 46′. Sementara dua gol balasan Laskar Padjajaran merupakan hasil kreasi Ciro Alves pada menit ke-45 dan Aleksandar Rakic pada menit ke-53.

Striker asal Bojonegoro ini tentu saja mengambil perhatian dengan tiga brace yang dilesakkannya. Tetapi, satu pilar lain pula memperoleh atensi, yaitu bomber Arsenio Valpoort. Sang pemain menjalani duel debutnya bareng Bajol Ijo di ajang kasta teratas Indonesia.

Penyerang asal Belanda ini bermain selama 23 menit usai masuk menggantikan bomber berusia 36 tahun itu pada menit ke-66. Tidak ada brace yang dicetakkan, meskipun dia diinginkan mampu nyetel dengan permainan skuad. Lantas apa ujar juru racik Persebaya Surabaya, Aji Santoso?

“Jujur dalam pertandingan ini, saya tidak terlalu banyak mengharapkan dia. Apalagi posisi tadi kami sudah menang. Terpenting, saya memberikan waktu dan kesempatan kepada Valpoort untuk beradaptasi dengan tim,” ungkap Aji Santoso.

Baca Juga: Berkah Hujan Persita Tangerang Mampu Meraih Kemenangan Atas Persela Lamongan.

Striker anyar Persebaya Surabaya ini cuma mencatatkan satu kesempatan sepakan dalam partai ini. Dia pernah menjajal melepaskan sepakan perdana dengan melanjutkan operan terobosan yang dikirimkan Taisei Marukawa pada menit ke-90. Sayang, tendangannya diblok oleh Firza Andhika.

Sebelum duel, nahkoda asal Malang ini memastikan pemain bernomor punggung 92 di Persebaya Surabaya ini bakal masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) Bajol Ijo. Tetapi, dia tidak menjamin sang pialr memperoleh menit tampil dalam laga ini.

Juru racik berusia 51 tahun itu mengaku tertarik dengan kemampuan punggawa berusia 29 tahun itu via video yang dilihatnya. Dia belum sempat melihat langsung penampilan sang penyerang. Tetapi, sang arsitek berkeinginan performanya betul-betul impresif di ajang kasta teratas Indonesia.

Dia memaksa bomber berdarah Suriname itu untuk cepat menyesuaikan diri dengan gaya permainan khas Bajol Ijo. Apalagi Persebaya Surabaya merupakan klub yag dikenal tampil dengan mengandalkan kecepatan pilar sayap. Operan pendek pula merupakan ciri khasnya. Tidak jarang, serangan balik cepat menjadi kunci kemenangan.

Gaya itu setidaknya sudah tampak saat Persebaya meraih kemenangan atas Bali United dalam duel terakhir. Dalam partai tunda jornada ke-17 itu, Bajol Ijo berhasil menumbangkan klub asal Pulau Dewata itu dengan skor 3-1.

“Dia tidak pernah berlatih, hanya sekali saat official training. Menurut saya, perjalanan dari Belanda ke Indonesia masih harus karantina selama satu minggu, tidak ada latihan. Saya beri kesempatan bermain 20 menit, menurut saya itu tidak buruk,” ujar Aji.

“Dia mendapatkan peluang, yang seharusnya menjadi handball. Satu yang jelas, dalam pertandingan ini saya memberi kesempatan kepada Arsen untuk beradaptasi dengan tim,” lanjut pelatih berusia 51 tahun itu.

Keputusan tim besutan Aji Santoso ini menggaet Arsenio Valpoort dilatarbelakangi oleh penyerang asing yang kurang memenuhi keinginan. Jose Wilkson dianggap tidak produktif meskipun melesakkan enam brace dalam 13 duel.

Penyerang kelahiran 05 Agustus 1992 itu sendiri belum sempat berkarier di Asia Tenggara. Dia merupakan amunisi yang banyak menghabiskan karier di Belanda. Sejumlah tim yang sempat diperkuatnya adalah Heerenven, PEC Zwolle, RKC Waalwijk, hingga Almere City.

Pada musim 2021, Arsenio Valpoort tercatat memperkuat tiga tim, yaitu Ermis Aradippou (Siprus), Teuta Durres dan Egnatia Rrogozhine (Albania). Bareng tim perdana, dia melesakkan dua brace dalam 15 performa.

Dari rekam jejaknya, eks striker Almere City itu tidak punya catatan yang cemerlang. Padahal, dia diinginkan mampu menjadi daya gedor tumpuan Bajol Ijo.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *