Messi: Sepakbola Itu Berbeda

Tuesday, June 2nd, 2020 - bola

Kalimat tersebut akhirnya keluar dari mulut pesepak bola terbaik di dunia. Tentang bagaimana situasi sepak bola setelah pandemi virus corona, Lionel Messi yakin situasinya tidak akan sama seperti sediakala. (Gamespools)

Perkiraan tentang perubahan sepak bola memang telah diucapkan beberapa legenda dan ahli sejak beberapa pekan terakhir. Mereka beramai-ramai bersepakat: wajah sepak bola akan berbeda.

Perbedaan yang dimaksud juga tidak cuman satu, melainkan sederet perubahan besar. Mulai dari latihan dalam protokol ketat, laga tanpa penonton, sampai juara tanpa selebrasi.

Hal-hal tersebut telah disampaikan sejumlah ahli, namun masih ada yang meragukannya. Kini Messi sendiri berkata seperti itu, yang sepertinya bakal sulit dibantah.

Apa ucap sang kapten Barcelona?

Kehilangan yang Dicintai

Bagi Messi, sepak bola tidak terlalu penting apabila dibandingkan dengan penderitaan ribuan orang yang kehilangan terkasihnya. Virus corona begitu kejam, mereka yang kehilangan tidak dapat mengantar kepergian keluarga atau siapa pun yang dikasihi.

“Hampir seluruh orang masih ragu-ragu tentang bagaimana dunia setelah semua yang terjadi,” ucap Messi kepada El Pais via Marca.

“Terlepas dari karantina wilayah dan situasi yang mengagetkan ini, banyak orang yang benar-benar kesulitan sebab situasi ini, seperti mereka yang kehilangan kelularga dan teman, dan bahkan tidak dapat mengucapkan selamat tinggal.”