Krisis Finansial Bagi Semua Klub

Tuesday, June 2nd, 2020 - bola

Real Madrid tengah berupaya mengontrol manajemen keuangan mereka di tengah krisis virus corona, sama seperti klub-klub lainnya. Kondisi ini mungkin akan memaksakan perubahan ekstrem: tidak ada pemain baru di bursa transfer musim depan. (Gamespools)

Krisis finansial kali ini tidak dapat diremehkan. Marca menyebutkan bahwa Madrid sampai mesti menunda sejumlah negosiasi pemain, bahkan meminta pemain incaran mereka menunggu.

Juga, beritanya Los Blancos akan mengutamakan penjualan daripada pembelian pemain untuk bursa transfer nanti. Intinya pergerakan Madrid pada bursa transfer berubah total.

Anehnya, situasi di klub rival, Barcelona, malah sebaliknya. Beberapa pekan terakhir, Barca masih selalu dikaitkan dengan transfer Neymar, Lautaro Martinez, bahkan Miralem Pjanic.

Pertanyaannya, apakah Madrid yang berlebihan berhati-hati atau Barca yang tidak memahami situasi sebenarnya?

Siapa Sangka?

Beberapa musim terakhir, jelas situasi keuangan Barcelona tak sebaik Madrid. Blaugrana beberapa kali melakukan kesalahan transfer, yang malah membuat mereka rugi besar.

Bahkan Barcelona mesti memotong hingga 70% gaji pemain selama masa pandemi, berbeda dengan Madrid yang cuman memotong 10% gaji pemain.

Barca bahkan masih harus berurusan dengan masa depan Philippe Coutinho yang tak jelas, juga situasi Ousmane Dembele yang terus cedera. Mereka jelas mengalami masalah keuangan lebih besar dari Madrid.