Akankah Mohamed Salah Jadi Legenda Liverpool?

Wednesday, May 6th, 2020 - Uncategorized

22 Juni 2017, Liverpool mengumumkan transfer Mohamed Salah dengan harga 36,9 juta poundsterling. Transfer ini dinilai kontroversial karena status salah menjadi pemain buangan Chelsea, alias pernah gagal pada Premier League. (Gamespools)

Tak perlu waktu lama, Salah mengenyahkan seluruh keraguan tersebut pada musim pertamanya. Kini, setelah hampir 3 tahun di Anfield, Salah telah menjelma jadi salah satu idola besar publik Anfield.

Kekuatan Liverpool dua musim terakhir memang tidak hanya soal satu-dua pemain, setiap pemain penting. Akan tetapi Salah pantas dianggap menjadi salah satu yang paling penting karena gol-golnya.

Perlahan-lahan, Salah menjadi jadi legenda Liverpool. Status itu akan sulit dibantah andai dia sanggup mempersembahkan trofi Premier League musim ini.

Seberapa pentingnya Salah bagi Liverpool?

Kontribusi Salah dalam Angka

Total, Salah telah menjalani 113 laga kepada Liverpool di ajang Premier League. Dia mengoleksi 83 kemenangan, yang membuatnya mencatatkan rasio kemeanngan sebanyak 73%.

Persentase tersebut menjadi yang paling tinggi dari pemain mana pun yang sudah bermain setidaknya 100 kali di Premier League. Kemudian, bila menambahkan 13 laga Salah saat masih membela Chelsea, persentase kemenangannnya naik jadi 75%.

Kemudian, hingga ada pemain lain yang memecahkan rekor 32 gol Salah di musim 2017/18, tempatnya tidak akan tergoyahkan dalam buku catatan rekor Premier League.

Tercatat, sejak Salah tiba di Liverpool, tidak ada pemain lain yang sanggup melebihi torehannya mengenai jumlah gol (70), tembakan tepat sasaran (174), atau sentuhan pada kotak penalti lawan (852).