Berita Buruk di Spanyol!

Thursday, October 10th, 2019 - bola

Kompetisi La Liga dikuasai oleh pemain asing selama 10 tahun lebih, utamanya dalam perebutan gelar top skor atau El Pichichi. Striker lokal Spanyol selalu kesulitan untuk bersaing meraih gelar top skor. (gamespools)

Striker lokal sempat merajai perolehan gol La Liga di akhir tahun 1990an dan awal tahun 2000an. Pada saat itu, ada nama Raul Gonzales, Salva Ballesta hingga Diego Tristan yang menjadi top skor pada pentas La Liga.

Namun dari musim 2008/2009, gelar top skor selalu diraih oleh pemain asing. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sangat dominan dalam persaingan pencetak gol paling banyak pada kompetisi La Liga.

Selanjutnya para striker lokal seperti Alvaro Morata, David Villa, Diego Costa [naturalisasi] hingga Iago Aspas kesulitan untuk bersaing meraih gelar El Pichichi.

Di musim 2019/2020, persaingan untuk meraih El Pichichi dipercaya bakal sangat sengit. Lionel Messi masih menjadi kandidat kuat sebagai pencetak gol paling banyak. Lalu, ada Luis Suarez dan Karim Benzema yang dinilai menjadi kandidat kuat.

Striker timnas Spanyol, Gerard Moreno, mengakui bahwa lumayan susah untuk striker lokal bersaing dengan Lionel Messi. Namun kesempatan untuk pemain lokal mendapatkan El Pichichi masih terbuka lebar.

“Sulit untuk memenangkan El Pichichi sebab ada Messi, Benzema, pemain yang mencetak banyak gol dan selalu mendapatkan kesempatan emas dalam mencetak gol,” ucap Gerard Moreno dikutip dari Marca.

“Saya harap ada pencetak gol dari Spanyol di kompetisi La Liga. Iago Aspas, satt dia mencapai bentuk, bakal berada di sana lagi. Messi menjadi orang yang bakal menjadi pencetak gol terbanyak, saya pikir begitu,” tutup Moreno