China Memblokir Game Bertema Virus Corona

China Memblokir Game Bertema Virus Corona : Game bertema virus Corona yang didistribusikan melalui Steam telah dilarang di China. Larangan itu karena kontennya yang kontroversial dan politis.

Dikutip dari kINET BBC, pada Kamis (30/4/2020), game tersebut bertajuk Coronavirus Attack dan dikembangkan oleh MythZsGame. Untuk memenangkan permainan ini, pemain harus menghentikan ‘zombie egois’ yang ingin melarikan diri dari negara yang sedang terjangkit virus.

MythZsGame mengatakan bahwa Coronavirus Attack diblokir di China daratan karena pemain dan pengguna Steam melaporkan game tersebut untuk konten politiknya. Meski tidak disebutkan secara eksplisit, Anda bisa melihat mengapa game ini bisa menarik perhatian para gamer di daratan Cina.

Pemain melaporkan bahwa permainan menggunakan skema warna yang mirip dengan bendera Tiongkok: merah dan kuning. Namun bintang-bintang di kiri atas diganti dengan animasi berupa virus Corona.

Selain itu, pemain juga dapat mengumpulkan lencana Steam termasuk ‘Liberate Honk Kong’ dan ‘Taiwan is not in China’. Pernyataan ini tentunya mengundang kemarahan publik China karena bertentangan dengan Kebijakan Satu China.

Kolom komentar game juga penuh dengan review buruk. Pengguna Steam masih dapat mengunduh game ini di luar China, tetapi beberapa pengguna meminta agar Steam memblokir game ini secara global.

“Bayangkan membuat game untuk bercanda tentang situasi pandemi di seluruh dunia, menggunakan kematian orang sebagai hiburan,” kata seorang pengguna Steam dalam ulasannya.

MythZsGame mengatakan, pihaknya mengembangkan game ini sebagai bentuk protes terhadap pemerintah China. Dia mengaku tidak senang dengan cara pemerintah China menangani pandemi virus Corona.

Ini bukan pertama kalinya game Steam diblokir di Tiongkok karena tautan ke pandemi. Plague Inc., game populer yang memungkinkan pemain membuat dan menyebarkan wabah ke seluruh dunia, telah dilarang sejak Maret lalu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *