Memanfaatkan Kecerdasan Buatan Dilakukan Tentara AS Untuk Pengenalan Wajah

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan Dilakukan Tentara AS Untuk Pengenalan Wajah : Teknologi Machine Learning dan kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) kian dimanfaatkan di beberapa sektor, termasuk untuk militer.

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan Dilakukan Tentara AS Untuk Pengenalan Wajah

Dilaporkan The Next Web, Kamis (19/4/2018), Angkatan Darat AS dikabarkan tengah mengembangkan metode kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi wajah berdasarkan suhu tubuh.

Teknologi tersebut nantinya dapat digunakan dalam kegelapan. Tak hanya itu saja, tersemat juga kecerdasan buatan yang mampu mengenali wajah orang-orang yang dituju.

Terobosan teknologi itu dikembangkan oleh beberapa ilmuwan Army Research Laboratory (ARL) antara lain Benjamin S. Riggan, Nathaniel J. Short, dan Shuowen Hu.

Ketiga ilmuwan merilis laporan resminya yang merinci upaya militer untuk mengembangkan metode pengenalan wajah yang digunakan berdasarkan perangkat yang bisa mendeteksi panas tubuh.

Perangkat semacam ini sebetulnya umum dilakukan dalam dunia militer. Misalnya saja seperti pesawat helikopter Apache dan kendaraan tempur lainnya yang dilengkapi dengan kamera pencitraan untuk mendeteksi orang dalam jarak pandang yang dekat.

Namun, proyek ini terbilang baru karena mampu merekam wajah dan menembus dinding.

Dengan pengembangan lebih lanjut, sistem dapat diperluas untuk melakukan pengenalan wajah secara real-time, di lapangan meskipun terhalang dinding tebal sekaligus.

Angkatan darat AS juga mengungkapkan bahwa teknologi dapat membantu dalam tugas di medan perang serta mengidentifikasikan musuh yang menjadi target.

Teknologi Pengenalan Wajah Bantu Polisi Tangkap Penjahat

Teknologi pengenalan wajah sebetulnya juga sudah diimplementasikan oleh pihak kepolisian di sejumlah negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *