Di Trimester Pertama Kehamilan Awas Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak Bisa Muncul

Di Trimester Pertama Kehamilan Awas Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak Bisa Muncul : Penyakit jantung bawaan (PJB) pada anak bisa terjadi pada trimester pertama kehamilan ibu. Kelainan pada struktur jantung atau fungsi sirkulasi jantung yang dibawa sejak lahir, bisa terjadi karena gangguan atau kegagalan perkembangan struktur jantung pada fase awal perkembangan janin.

Di Trimester Pertama Kehamilan Awas Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak Bisa Muncul

Hal ini diungkap oleh dokter dari Rumah Sakit Harapan Kita, dr. Oktavia Lilyasari , SpJP (K), FIHA, dalam 27th Annual Scientific Meeting of Indonesia Heart Association atau ASMIHA, di Kuningan, Jakarta.

“Biasanya pembentukan jantung itu terjadi pada trimester pertama, atau tiga bulan pertama kehamilan,” kata Oktavia pada Jumat (20/4/2018).

“Jadi biasanya kita wanti-wanti pada ibu hamil, tiga bulan pertama, jangan minum obat macam-macam, jangan terekspos udara macam-macam, karena pada saat itulah terjadi perkembangan organ, terutama untuk jantung.”

Beberapa jenis obat teratogenik tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa memberi efek tidak baik bagi perkembangan janin.

“Dia tidak hanya untuk penyakit jantung bawaan, tapi juga untuk kelainan bawaan,” ujar Oktavia.

Untuk itu, ibu hamil harus mengkonsultasikan diri ke dokter kandungan apabila ingin mengonsumsi obat untuk sakit yang dideritanya, termasuk penyakit-penyakit ringan.

Selain itu, jika ibu hamil memiliki obat yang harus dikonsumsi secara rutin seperti obat darah tinggi, perlu berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan obat pengganti yang relatif lebih aman untuk perkembangan janin, dr Oktavia menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *