Fungsi Air Beras Bagi Rambut

Fungsi Air Beras Bagi Rambut : Jika biasanya air beras dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, maka tak ada salahnya menggunakannya untuk kesehatan rambut.

 

Seperti dilansir dari Medical News Today, Jumat (30/3/2018), butiran beras mengandung 75–80 persen pati yang diduga memiliki banyak vitamin dan mineral, termasuk asam amino, Vitamin B, vitamin E, mineral serta antioksidan.

Menurut peneliti, wanita pada periode Heian (794 hingga 1185) di Jepang memiliki rambut indah nan panjang serta sehat berkat air beras.

Cerita turun-temurun ini pula dipercaya di China. Wanita Yao, yang tinggal di desa bernama Huangluo di China, terkenal karena memiliki rambut yang rata-rata 6 kaki panjangnya karena sering keramas menggunakan air beras.

Selain panjangnya yang luar biasa, rambut wanita Yao dikatakan tidak memiliki uban sampai mereka mencapai usia 80-an.

Pandangan ilmiah

Sebuah makalah 2010 mencatat, air beras dapat meningkatkan elastisitas rambut. Namun, penelitian ini bergantung pada banyak faktor.

Di sisi lain, fasilitas penelitian di Jepang telah mengembangkan teknik pencitraan yang memvisualisasikan efek penguatan inositol (kandungan pada air beras) pada rambut.

Meski terbukti bermanfaat, penelitian ini didukung perusahaan tertentu sehingga butuh penelitian lebih lanjut.

Cara membuat air beras

Ada beberapa cara untuk membuat air beras. Pertama, Anda bisa merendam air beras sekitar 30 menit. Cara lainnya, Anda bisa merebus beras hingga didih lalu ambil sari berasnya.

Setelah itu, Anda bisa mulai dengan membilas bersih rambut dengan air. Tuang air beras ke rambut. Pijat air beras ke rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga 20 menit, lalu bilas rambut secara menyeluruh dengan menggunakan air hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *