Setengah Cangkir Teh Bisa Membuat Otak Menjadi Lebih Kreatif

Setengah Cangkir Teh Bisa Membuat Otak Menjadi Lebih Kreatif : Kamu ingin lebih kreatif? Cobalah minum teh. Setidaknya, begitulah hasil temuan sebuah studi.

Setengah Cangkir Teh Bisa Membuat Otak Menjadi Lebih Kreatif

Menurut studi, ide brilian akan muncul beberapa menit setelah kamu menyesap setengah cangkir teh. Ya, tak perlu banyak, setengah cangkir saja sudah cukup memicu kreativitas.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Peking University, China, dan melibatkan sekitar 90 mahasiswa, melansir laman New York Post, Rabu (17/1/2018).

Para relawan tersebut dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi asupan satu cangkir teh tiga menit sebelum diminta mengerjakan sebuah tugas. Sementara kelompok lainnya hanya diberi minum air biasa.

Kedua kelompok tersebut kemudian diminta untuk menciptakan konstruksi maket bangunan yang menarik dan memikirkan nama yang keren untuk sebuah restoran.

Hasilnya, kelompok mahasiswa yang minum teh mendapat skor lebih tinggi dibandingkan kelompok mahasiswa yang hanya minum air.

Pemimpin studi, Yan Huang, mengatakan, “Riset terbaru ini menunjukkan bahwa minum teh bisa meningkatkan performa kreatif dengan pola pikir berbeda.”

Hasil riset tersebut memberi pemahaman yang lebih jelas mengenai fungsi teh terhadap kreativitas seseorang.

“Ini memberi cara baru untuk meneliti hubungan antara konsumsi makanan dan minuman terhadap peningkatan kecerdasan seseorang,” lanjut Huang.

Kandungan kafein dan theanine dalam teh terbukti meningkatkan kecepatan, akurasi, serta fokus mental. Kedua zat tersebut memperbaiki mood dan membantu individu jadi lebih santai. Efeknya bisa dikatakan serupa dengan meditasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *