Berbagai Perbedaan Serangan Jantung

Berbagai Perbedaan Serangan Jantung : Serangan jantung tidak sama dengan henti jantung mendadak. Begitu pula dengan gagal jantung, sudah pasti beda dengan serangan jantung. Dari tanda-tanda dan penangangannya saja sudah berbeda.

Berbagai Perbedaan Serangan Jantung

Akan tetapi serangan jantung, gagal jantung, dan henti jantung adalah gangguan jantung yang sama-sama memerlukan penangan medis yang cepat.

Untuk lebih mengetahui apa perbedaan di antara ketiga gangguan jantung tersebut, berikut penjelasannya;

Serangan jantung

Dalam dunia medis, serangan jantung dikenal dengan istilah sindrom koroner akut. Kondisi ini merupakan suatu keadaan ketika pembuluh darah jantung mengalami penyumbatan, sehingga aliran darah menjadi terhambat. Aliran darah yang berkurang ini menyebabkan kerusakan jaringan jantung.

Seorang yang mengalami serangan jantung akan mengeluhkan adanya nyeri dada kiri yang menjalar ke tangan kiri. Selain itu, orang tersebut juga akan mengeluhkan adanya sesak napas, keluar keringat dingin, dan perasaan tercekik.

Serangan jantung memerlukan penanganan yang cepat. Jika tidak, kondisi jantung pasien dapat memburuk, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Gagal jantung

Gagal jantung adalah keadaan saat jantung tidak dapat melakukan fungsi pemompaan darah dengan baik. Jantung yang tidak dapat memompa darah akan menyebabkan terjadinya penumpukan darah pada ekstremitas (anggota badan, seperti lengan dan tungkai) dan paru.

Kondisi tersebut akan menyebabkan berbagai keluhan pada penderitanya, seperti sesak napas, mudah lelah, dan batuk. Terdapat banyak penyebab gagal jantung, di antaranya adalah diabetes melitus, tekanan darah tinggi, dan gangguan katup jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *